Tutorial Photoshop: Cara Menggunakan Color Range Masking

Color masking memungkinkan sobat mendemonstrasikan beberapa dasar teori warna. Dengan menutup beberapa channel, kita sebenarnya bias warna yang ditampilkan ke arah warna komplementer. Jadi, sederhananya seperti menyamarkan warna biru dan merah, akan memberi kita nuansa hijau. Masking hanya pada channel biru akan memberi kita nuansa kuning (termasuk nuansa oranye, coklat, zaitun dan kuning-hijau), pelengkap biru. Demikian pula, hanya menyamarkan warna hijau akan memberi kita warna magenta (juga ungu, crimson, dan sebagainya), dan hanya merah yang menutupi akan memberikan nuansa cyan (juga hijau laut, biru, dan sebagainya).

Sedikit penjelasan diatas semoga bermanfaat dan menambahkan pengetahuan sobat mngenai color masking, oke sesuai judul diatas saya akan memberikan beberapa teknik dasar mengenai bagaimana menggunakan color range masking yang akan diimplementasikan pada sebuah foto.

Langkah 1:
Masukan (insert) gambar yang sobat pilih ke Photoshop dan mulailah dengan membersihkan gambar seperlunya. Kemudian, klik kanan pada layer background dan pilih Convert to Smart Object.


Kemudian, klik kanan pada layer background dan pilih Convert to Smart Object

Ini akan memungkinkan kita untuk bekerja secara non-destruktif di Adobe Camera Raw, kalau-kalau kita perlu kembali dan membuat perubahan nanti.

Langkah 2:

filter camera raw filter

Selanjutnya, masuk ke Filter> Camera Raw Filter… untuk memunculkan jendela Adobe Camera Raw.

Langkah 3:
Di sudut kiri atas layar Camera Raw, klik ikon Radial Filter.

Dari pusat gambar, klik dan seret ke bawah pada gambar Sobat, tahan tombol Shift untuk menjaga gradien

Dari pusat gambar, klik dan seret ke bawah pada gambar Sobat, tahan tombol Shift untuk menjaga gradien Sobat lurus ke luar untuk membuat oval yang berpusat di sekitar cakrawala.

Langkah 4:
Di sisi kanan layar, saya akan menggeser penggeser Suhu ke arah ujung skala  biru untuk mengeluarkan biru pada kerudung *pac..., serta meningkatkan Saturasi sedikit. 

saya akan menggeser penggeser Suhu ke arah ujung skala  biru untuk mengeluarkan biru pada kerudung

Saya juga menambahkan sentuhan Dehaze.

Langkah 5:

Sobat akan melihat bahwa penambahan gradien ini telah memengaruhi seluruh bagian tengah dari gambar ini

Sobat akan melihat bahwa penambahan gradien ini telah memengaruhi seluruh bagian tengah dari gambar ini, so di bagian bawah panel kanan, klik menu dropdown Range Mask dan pilih Warna.

Langkah 6:
Gunakan alat pipet di sebelah menu dropdown, klik dan seret pada bagian-bagian biru dari gambar untuk memilihnya sebagai warna yang Sobat ingin dipengaruhi oleh mask.

klik dan seret pada bagian-bagian biru dari gambar untuk memilihnya sebagai warna yang Sobat ingin dipengaruhi oleh mask

Jika Sobat ingin memilih beberapa area, tahan tombol shift sambil mengklik dan menyeret di setiap area tambahan.

Langkah 7:
Gunakan penggeser Rentang Warna di bagian bawah panel kanan untuk menyempurnakan kehalusan mask Sobat dan seberapa lebar rentang warna yang Sobat inginkan untuk mempengaruhi mask.

Gunakan penggeser Rentang Warna di bagian bawah panel kanan untuk menyempurnakan kehalusan mask Sobat dan seberapa lebar

Di sini, saya telah menarik slider hingga 100 untuk efek maksimum. Setelah selesai, tekan OK dan kembali ke jendela utama Photoshop lagi.

perbedaan memakai masking dan tidak

Sekian tutorial mengenai cara menggunakan color range masking pada adobe photoshop untuk kali ini, see you next! dan terima kasih. 

0 comments:

Post a Comment